Beberapa waktu yang lalu Marine Surveyor Indonesia dari sebuah perusahaan Jasa Marine Survey milik swasta terbesar di Indonesia, Carsurin cabang Batam melakukan pekerjaaan jasa marine survey untuk Condition Survey Kapal Go Rigel Milik Wintermar di laut perairan Batu Ampar, Batam, Indonesia
Condition Survey Kapal Go Rigel Milik Wintermar |
Kapal AHTS GO RIGEL ini akan di sewa oleh perusahaan minyak HCML yaitu Husky CNOOC Madura Limited, sebuah perusahaan minyak patungan antara Husky Oil Ltd, China National Oil Company (CNOOC) dan perusahaan lokal PT. Samudera Energy ini mendapatkan lisensi untuk menambang minyak di wilayah konsesi laut Selat Madura, Jawa Timur sesuai keputusan SKK MIGAS sebagai salah satu Kontraktor Kontrak Kerja Sama dari SKK Migas sebagai wakil Pemerintah Republik Indonesia.
Condition Survey Kapal Go Rigel Milik Wintermar |
Pak Soni Widodo waktu itu sebagai wakil dari HCML ikut turun ke kapal meninjau langsung kapal AHTS bernama lambung GO RIGEL ini ketika sedang lego jangkar di laut perairan Batu Ampar Anchorage area di Batam, Indonesia.
SHIP’S
PARTICULARS
§
Name of the Vessel : GO RIGEL
§
Port Of Registry : Jakarta
§
Flag : Indonesia
§
Type of vessel : AHTS/DP2
§
Classification : ABS (AMERICAN BUREAU OF SHIPPING)
§
Built :
2009 / Yuexin Shipbuilding, China
§
Dimension
:
L X B X H : 62.33 m x 16.00 m x 7.00 m
§
Gross / Net Tonnage : 2,446 Tons / 733 Tons
§
Main Engine : 2 x 2942 KW @ 750 rpm, Niigata-8MG28HLX
§
Auxiliary Engine (Main) : 2 x 590 KW @440V Caterpillar 3412DITA
§
Auxiliary Engine
(Emergency) : 1 x 84 KW emergency generator
§
Deck Space : 32.40 m x 12.00 m
§
Fuel Capacity : 1,193.200 K/L
§
Fresh water capacity : 239 Tons
§
Fuel Consumption : 820 ltrs/hr (full speed) 650 ltrs/hr
(economic)
§
Owner :
PT. Wintermar
§
Kami dengan sangat hati-hati kami Marine Surveyor Indonesia melakukan
inspeksi pemeriksaan kondisi kapal secara umum pada kapal tersebut .Berdasarkan pemeriksaan kami bahwa Kapal AHTS. GO Rigel adalah Kapal ini termasuk jenis Kapal DP2 yang terbuat dari besi secara keseluruhan, semua besi baja ini dilas sesuai dengan bentuk konstruksi kapal jenis AHTS (Anhor Handling Tug Supply) DP 2 dengan 2 (dua) unit mesin penggerak utama model Niigata 2 x 4000 HP @750 rpm dengan empulur terkendali (controlled Pith).
Kapal ini dibangun pada tahun 2011 di bawah regulasi klasifikasi American Bureau of Shipping (ABS) dan terdaftar di Pelabuhan Jakarta dengan menggunakan Bendera Indonesia sebagai Bendera Kapal.
Kondisi kapal secara umum ditemukan dalam kondisi baik dengan sedikit terlihat berkarat di beberapa tempat namun di pastikan masih baik dan layak berlayar, juga ditemukan beberapa goresan halus dan tanda-tanda bekas sedikit tergores dan penyok di beberapa tempat namun dianggap dalam kondisi baik dan wajar bagi sebuah kapal.
Condition Survey Kapal Go Rigel Milik Wintermar |
Mesin-Mesin Kapal terutama Mesin utama (Main Engine), mesin bantu dan mesin-mesin lainnya serta dek mesin dan perlengkapan kapal yang menggunakan mesin semua ditemukan dalam kondisi layak bekerja dan terawat dengan baik, begitu juga semua indikator mesin penggerak, mesin utama, mesin bantu dan mesin-mesin lainnya serta instrumen dan panel kontrol dilaporkan dalam kondisi baik dan layak beroperasi .
Condition Survey Kapal Go Rigel Milik Wintermar |
Peralatan keselamatan yang tersedia di kapal seperti rescue boat, life buoy, life raft, life jackets, fire fighting, perahu penyelamat , pelampung , kehidupan rakit , baju pelampung dan semua peralatan pemadam kebakaran tampaknya dalam kondisi baik dan layak beroperasi.
Condition Survey Kapal Go Rigel Milik Wintermar |
Umumnya freeboard kapal tercatat secara struktural dalam kondisi baik .
Pada
kedua sisi lambung terdapat setengah pipa baja sebagai fender atau besi penahan
ketika kapal sedang sandar di pelabuhan atau penahan kapal ketika sedang dalam
keadaaan posisi ship to ship dan ada juga fender dari ban-ban yang terdapat di
sekeliling bagian luar kapal di sebelah kiri dan kanan di dek utama, di dek
atas, di bagian depan dan di bagian belakang kapal. Setiap
fender ban ini dihubungkan oleh rantai baja yang dilas pada pelat baja dengan
menggunakan pad eyes sebagai penyambung ke badan kapal semua kondisi tercatat
dalam keadaan kondisi baik .
Struktur dek utama dan lantai kayu ditemukan kondisi sepenuhnya terpelihara dengan baik. Sisi kiri dan benteng kanan dengan zona penyelamatan tanda, bollards ganda , panama chock di dek utama bagian sisi kiri dan kanan kapal, trotoar ganda dan panama chock di dek atas ditemukan dalam kondisi baik .
Deck bagian luar juag ditemukan baik termasuk rel, tangga, jendela, mesin corong knalpot kapal, dan sistem ventilasi ditemukan dalam kondisi baik juga.
Ruang kemudi termasuk depan dan belakang konsol panel kontrol kemudi, sofa dan meja itu ditemukan dalam kondisi baik .
Bagian atas ruang kemudi dan bagian Monkey Island yaitu bagian luar anjungan ruang kemudi termasuk tiang-tiang lampu, tiang antena navigasi, rel dan tangga ditemukan dalam kondisi baik .
Semua
ruangan akomodasi termasuk kamar perwira dan kamar anak buah kapal, ruangan
messroom, dapur, ruang makan, lorong dan tangga dalam kondisi baik .
Jumlah bahan bakar minyak, minyak pelumas, oli hidrolik dan air tawar pada saat pemeriksaan kami pada tanggal 22 November 2013 pukul 19.00 Waktu Lokal adalah sebagai berikut :
Marine Gas Oil ( MGO ) atau Minyak Solar sejumlah 929,760 Liter
Air Tawar (fresh water) di hitung sejumlah 209 Ton
Struktur dek utama dan lantai kayu ditemukan kondisi sepenuhnya terpelihara dengan baik. Sisi kiri dan benteng kanan dengan zona penyelamatan tanda, bollards ganda , panama chock di dek utama bagian sisi kiri dan kanan kapal, trotoar ganda dan panama chock di dek atas ditemukan dalam kondisi baik .
Deck bagian luar juag ditemukan baik termasuk rel, tangga, jendela, mesin corong knalpot kapal, dan sistem ventilasi ditemukan dalam kondisi baik juga.
Ruang kemudi termasuk depan dan belakang konsol panel kontrol kemudi, sofa dan meja itu ditemukan dalam kondisi baik .
Bagian atas ruang kemudi dan bagian Monkey Island yaitu bagian luar anjungan ruang kemudi termasuk tiang-tiang lampu, tiang antena navigasi, rel dan tangga ditemukan dalam kondisi baik .
Condition Survey Kapal Go Rigel Milik Wintermar |
Jumlah bahan bakar minyak, minyak pelumas, oli hidrolik dan air tawar pada saat pemeriksaan kami pada tanggal 22 November 2013 pukul 19.00 Waktu Lokal adalah sebagai berikut :
Marine Gas Oil ( MGO ) atau Minyak Solar sejumlah 929,760 Liter
Air Tawar (fresh water) di hitung sejumlah 209 Ton
Secara umum Condition Survey Kapal Go Rigel Milik Wintermar dalam keadaan baik dan layak untuk beroperasi bagi penyewa HCML di laut Selat Madura untuk menunjang kegiatan operasi penambangan minyak lepas pantai milik KKSK Migas HCML ini.
0 Response to "Condition Survey Kapal Go Rigel Milik Wintermar"
Posting Komentar